Sampingan

TUGAS AKHIR

TOURISM BUSINESS COMMUNICATION

Tentang

PROSES KEPEMIMPINAN DALAM BIDANG PARIWISATA

 

AYU TRINAWANGSARI

107. 043

ENGLISH AND LITERATURE DEPARTMENT

FACULTY OF HUMANITY

STATE INSTITUTE FOR ISLAMIC STUDIES (IAIN)

IMAM BONJOL PADANG

1431 H / 2011 M

PROSES KEPEMIMPINAN DALAM BIDANG PARIWISATA

Kepemimpinan merupakan suatu proses dimana pemimpin dan pengikutnya berinteraksi dengan baik untuk mencapai tujuan bersama. Seorang pemimpin yang baik dan berkompeten di bidangnya sangat dibutuhkan dalam sebuah kelompok atau organisasi, baik itu dalam skala kecil maupun besar. Dalam dunia pariwisata sangatlah penting memiliki seorang pemimpin yang tahu dan mengerti tentang pariwisata dan segala aspek yang terkait. Pariwisata merupakan sektor yang sangat berkembang pada saat sekarang ini, dimana banyak orang yang memanfaatkan waktu luangnya untuk berwisata. Negara memperoleh banyak pendapatan dari sektor pariwisata. Untuk itu, demi kemajuan dunia pariwisata diperlukanlah seorang pemimpin yang tepat untuk membimbing dan memberi arahan ke arah yang lebih baik.

Proses kepemimpinan yang tepat sangat menentukan kesuksesan dari sebuah industri pariwisata. Dalam pelaksanaan proyek pariwisata harus ada sebuah  perencanaan. Perencanaan yang baik sangat penting sekali, dimana pariwisata merupakan sektor yang memerlukan banyak biaya dalam setiap pengadaan objek wisata dan kegiatan yang akan menarik banyak pengunjung. Dengan banyaknya pengunjung yang datang boleh dikatakan bahwa sebuah perencanaan berjalan dengan baik. Seorang pemimpin hendaknya mampu membuat perencanaan yang baik dan memusyawarahkannya dengan anggotanya.

Proses kepemimpinan yang baik hendaknya dimulai dengan mencari atau menyeleksi seseorang yang tepat untuk dijadikan pemimpin, karena seorang pemimpinan harus dapat memimpin dan mensejahterakan anggotanya dengan baik, serta mampu memberikan ide-ide brilian untuk kemajuan proyek yang dipimpinnnya. Namun pada saat sekarang ini banyak orang yang mengganggap remeh mengenai figur seorang pemimpin. Bahkan sekarang muncul istilah pemimpin simbolik dimana seseorang yang menjadi pemimpin hanya sebagai simbol saja daripada tidak memiliki pemimpin sama sekali. Dalam industri pariwisata hal semacam ini hendaknya dihindari. Jika ingin memajukan industri pariwisata hendaklah ditunjuk seorang pemimpin yang dapat membuat kebijakan dan memberi arahan yang lebih baik.

Secara umum proses kepemimpinan berawal dari sekelompok orang yang berkumpul dimana salah seorang diantaranya mengajak yang lain untuk membuat sebuah perencanaan. Kemudian untuk mensukseskan rencana tersebut mereka mulai mencari bantuan dengan mengadakan kunjungan ke berbagai tempat yang dianggap dapat mendukung perencanaan mereka. Setelah memperoleh banyak bantuan terbentulah sebuah organisasi yang memerlukan seorang pemimpin yang dapat mengarahkan anggotanya demi untuk mencapai tujuan bersama sesuai dengan perencanaan awal. Dalam hal ini penggagas awal bisa saja menyerahkan tampuk kepemimpinan kepada orang yang dianggap mampu. Demikianlah proses kepemimpinan itu terjadi, dan untuk memilih orang yang tepat sebagai pemimpin diperlukan penyeleksian yang jujur dan terbuka.

Dunia pariwisata sebagai sektor yang sangat berkembang saat ini hendaknya  memiliki seorang pemimpin yang tepat agar sektor tersebut memberikan banyak pendapatan yang dapat mensejahterakan masyarakat.

PROSES KEPEMIMPINAN DALAM BIDANG PARIWISATA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s